Sabtu, 13 Juni 2009

Artikel Kesehatan - Prebiotik ASI tingkatkan imunitas Balita

Artikel Kesehatan - Prebiotik ASI tingkatkan imunitas Balita

Riset terkini pada komposisi karbohidrat ASI oleh beberapa ahli kesehatan anak di dunia menyimpulkan ASI memiliki kandungan kaya oligosakarida. Fructo-oligosakarida (FOS) atau galacto-ologisakarida (GOS) adalah perpaduan komposisi oligosakarida atau karbohidrat rantai sedang. Perpaduan ini mampu meningkatkan imunitas.
Perpaduan FOS/GOS dengan ratio 10% FOS dan 90% GOS mampu menstimulasi perkembangbiakan bakteri menguntungkan atau non pathogen di usus. Perkembangbiakan bakteri ini mengakibatkan penyerapan makanan menjadi lebih baik dan mampu meningkatkan imunitas. Melalui sebuah studi klinis, secara efektif terbukti perpaduan FOS/GOS memperkuat daya tahan tubuh secara alami.

Balita yang diberi ASI pada saluran pencernaannya didominasi oleh bakteri bifidus dan laktobacillus. Kedua bakteri ini menguntungkan usus besar. Dominasi bakteri ini terjadi karena adanya prebiotik dalam ASI. Inilah penjelasan Prof Guido E Moro, Kepala Departemen Neonatal dari Macedonia Melloni Maternity Hospital, Italia dalam acara Nutrisia Media Updater yang diselenggarakan di Pearl Resto, Hotel JW Marriott, Jakarta, Senin (16//5/2005).

FOS/GOS memiliki fungsi penting bagi kesehatan bayi. Selain meningkatkan jumlah bakteri bifidus dan laktobacillus, FOS/GOS juga menekan pertumbuhan bakteri patogen, meningkatkan daya tahan saluran cerna, mencegah sembelit, dan membuat penyerapan makanan menjadi lebih baik.

Lebih lanjut Prof Dr Guido E Moro menjelaskan, studi klinis bertahun-tahun telah dilakukan di Eropa berusaha untuk menemukan komposisi yang mampu menyerupai susunan prebiotik dalam ASI ini. Kemiripan dapat dicapai setelah didapatkan komposisi penambahan FOS/GOS dengan rasio 10% FOS dan 90% GOS pada susu formula 8 gram per liter.

Sementara itu, Prof Agus Firmansyah, MD, PhD dari Bagian Gastrohepatologi Kesehatan Anak FKUI, panelis lain dalam diskusi ini, memberi penjelasan perbedaan probiotik dan prebiotik serta manfaatnya. Dia menyebutkan probiotik adalah kuman "baik" yang bila dikonsumsi akan berkembangbiak dalam usus dan memberi dampak kesehatan. Sedang prebiotik dia sebut sebagai bahan sejenis karbohidrat yang disebut olisakarida yang memberi dampak penambahan kuman pada probiotik.

Kuman probiotik yang telah diteliti antara lain lactobacillus, bifidobacterium, dan saccharomyces. Penelitian sahih telah membuktikan probiotik dapat digunakan sebagai pencegahan dan pengobatan diare akut yang disebabkan infeksi usus. Riset lain juga telah membuktikan probiotik mencegah alergi kulit (dermatitis atopik) dan tidak tahan gula susu atau intoleransi laktosa.

Oleh karena itu, Nutricia sebagai spesialis makanan bayi, menyempurnakan formula produknya mendekati kandungan yang terdapat dalam ASI. Suplemen prebiotik FOS/GOS ditambahkan pada formula Nutrilon Royal, salah satu produk yang kini telah beredar di pasaran. Produk ini merupakan susu dengan nutrisi paling lengkap dan seimbang untuk bayi maupun balita usia 0 sampai 3 tahun.

"ASI merupakan nutrisi paling sempurna," kata Rob Versloot, Presiden Direktur PT Nutricia Indonesia. "Namun, tidak semua ibu dapat memberikan ASI dan tidak semua susu fomula memiliki komposisi prebiotik yang efisien. Penambahan suplemen FOS/GOS sebagai usaha menyempurnakan formula Nutrilon Royal agar dapat mendekali fungsi ASI sehingga anak tumbuh menjadi sehat," Rob Versloot menambahkan.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar